Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Taman Vertikal

taman-vertikal-bagus

Taman vertikal, dikenal juga sebagai vertical garden atau green wall, adalah salah satu solusi terbaik bagi anda yang menginginkan adanya taman di rumah, akan tetapi terkendala oleh terbatasnya lahan. Alasan mengapa taman jenis ini disebut sebagai taman vertikal dikarenakan bidang taman yang tegak lurus secara vertikal dengan memanfaatkan tembok atau dinding di rumah. Dinding atau tembok yang dimaksud adalah dinding rumah utama maupun tembok pagar bergantung pada kebutuhan dan kondisi actual pada hunian. Saat ini, taman vertikal merupakan salah satu konsep atau jenis taman yang cukup banyak diminati oleh masyarakat terutama yang tinggal di kota disebabkan oleh minimnya lahan yang dimiliki oleh para pemilik rumah.

Jika anda menghendaki untuk membuat taman jenis ini di rumah, ada beberapa hal yang perlu anda ketahui tentang taman vertikal. Tujuannya tentu saja adalah taman vertikal dengan desain yang menarik dan kokoh sehingga keindahan itu dapat dinikmati dalam waktu yang lama oleh semua anggota keluarga anda. Berikut hal-hal penting yang perlu anda perhatikan.

 

Tentukan dinding bagian mana yang akan anda pilih sebagai lokasi taman.

Dalam hal ini, ada beberapa pertimbangan penting yang diperlukan. Yang pertama adalah lokasi dinding dengan mempertimbangkan sinar matahari yang datang. Jika tembok menghadap ke arah timur atau barat, dapat dipastikan bahwa sinar matahari dapat bertahan cukup lama dibandingkan dinding yang menghadap ke arah utara atau selatan.

Yang kedua, posisi dinding sebaiknya terletak pada lokasi yang strategis sehingga keindahan taman dapat dinikmati secara optimal. Misalnya, tembok belakang rumah yang berhadapan langsung dengan teras belakang rumah tentu menjanjikan nilai estetika lebih tinggi dibandingkan tembok yang berlokasi di sebelah kamar tidur dengan keterbatasan view atau pandangan dari dalam kamar. Tata letak inilah yang berpengaruh terhadap frungsi taman vertikal yang anda buat.

 

Pastikan dinding atau tembok yang anda tentukan berkonstruksi kokoh.

Dengan dibuatnya taman di atas dinding atau tembok, beban yang harus didapatkan oleh dinding atau tembok akan bertambah. Jika dinding tidak kokoh, maka pembuatan taman di atasnya tentu akan beresiko. Oleh karena itu, cek secara seksama apakah dinding yang anda pilih cukup kokoh untuk taman vertikal yang anda akan buat. Tanyakan kepada jasa pembuat taman yang telah anda hubungi mengenai hal ini untuk memastikan kelayakannya.

 

Persiapkan dinding beserta konstruksi taman yang anda rencanakan.

Pertama, anda perlu melapisi dinding dengan lapisan anti bocor. Hal ini diperlukan untuk menghindari resiko rusaknya dinding akibat tingkat kelembaban yang terlalu tinggi. Anda tentu tidak menghendaki banyak lumut yang tumbuh pada dinding setelah taman anda buat. Kedua, anda dapat menyiapkan rangka berupa modul kotak dimana anda akan menanam tanaman hias anda. Ketelitian merupakan aspek penting dalam proses pemasangan rangka ini. Percayakan proses ini pada jasa pembuat taman terbaik.

Setelah semua persiapan anda lakukan dengan baik, anda dapat mulai membuat taman verikal idaman anda tentu dengan bantuan dari jasa pembuat taman yang reputable. Pastikan juga tanaman yang akan anda tanam merupakan tanaman yang sesuai dengan konsep taman jenis ini. Anda dapat mencari informasi mengenai hal ini di berbagai media atau bertanya pada pembuat taman terdekat. Untuk anda yang membutuhkan jasa tukang taman Jakarta untuk membuat taman vertikal di rumah, Pagi Ceria Landscaping adalah jasa terpercaya yang harus anda hubungi.

vertical-garden

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply