Tentang Tanaman Aglaonema

aglaonema

Bagi anda pecinta tanaman hias, anda tentu tidak asing dengan tanaman aglaonema. Ya, tanaman hias yang memiliki nama lain Sri Rejeki atau Chinese Evergreen ini merupakan salah satu tanaman yang cukup banyak digemari oleh masyarakat Indonesia, khususnya yang memiliki ketertarikan dalam memelihara tanaman hias di rumah.

Tanaman aglaonema merupakan jenis talas-talasan atau Araceae dengan habitat asli hutan hujan tropis dengan daerah penyebaran meliputi Asia Tenggara, Bangladesh, Cina Utara dan Cina Selatan. Terdapat sekitar 40 spesies tanaman aglaonema yang tersebar di seluruh dunia. Tanaman ini dapat tumbuh di dareah dengan tingkat kelembaban tinggi walaupun dengan intensitas penyinaran yang rendah. Ini alasan mengapa aglaonema mudah untuk dibudidayakan dan dirawat sehingga menjadi salah satu tanaman hias daun yang paling digemari saat ini.

 

Greg Hambali Sang Penghulu Aglaonema

Kepopuleran tanaman hias aglaonema di Indonesia tidak terlepas dari satu nama pecinta tanaman hias bernama Gregorius Granadi Hambali atau yang lebih dikenal sebagai Greg Hambali. Beliau adalah seorang tokoh yang sangat disegani di kalangan kolektor tanaman hias karena karyanya yang sangat luar biasa. Beliau berhasil menyilangkan tanaman aglaonema dan menciptakan beberapa varietas baru seperti Pride of Sumatra, Tiara, Widuri, Hot Lady, dan Harlequin.

Kerja keras Greg di bidang penyilangan aglaonema membuahkan hasil yang cukup mencengankan terutama bagi masyarakat kebanyakan. Bayangkan, harga jual dari hasil penyilangan pertama Harlequin adalah lebih dari Rp 600 juta melalui lelang yang dimenangkan oleh Harry Setiawan, pemilik Irene Flora di Jakarta Timur. Selain itu, harga aglaonema Tiara hasil silangannya sempat mencapai Rp 3 juta per lembar daun yang merupakan harga yang cukup fantastis untuk tanaman hias.

 

Jenis-jenis Aglaonema

Saat ini, tanaman hias aglaonema tidak lagi semahal beberapat waktu yang lalu. Beragam jenis aglaonema telah banyak tersedia di pasaran dengan harga yang terjangkau sehingga anda dapat mengoleksinya tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam. Pada umumnya, aglaonema dapat dibedakan menjadi lima jenis berbeda jika kita merujuk pada warna dasar daunnya. Lima jenis warna tersebu adalah hujau, kuning, merah, putih, dan corak. Berikut beberapa jenis aglaonema yang cukup populer saat ini.

  • Aglaonema  Brevispathum
  • Aglaonema Commutatum
    • Triubii
    • Tricolor
    • Silver
  • Aglaonema Costatum
    • Foxii
  • Aglaonema Virescens
  • Aglaonema Cuscuria

Selain jenis-jenis yang disebutkan di atas, masih ada bebeberapa jenis aglaonema dengan corak warna dan ukuran daun yang berbeda.

 

Kiat Merawat Tanaman Hias Aglaonema

Jika anda tertarik untuk mengoleksi tanaman hias jenis ini atau bahkan untuk terjun di bisnis tanaman hias, ada baiknya anda mengikuti beberapa kiat untuk merawat aglaonema berikut ini.

Media tanam aglaonema sebaiknya memiliki tingkat keasaman (pH) netral antara 6-7. Anda dapat menggunakan campuran antara humus daun dan pasir sebagai media tanam dengan perbandingan 3:1. Masukkan media tanam pada pot sampai dengan ¾ bagian setelah sebelumnya anda letakkan pecahan bata merah atau genting pada dasar pot.

Penyiraman dapat dilakukan sehari sekali dengan takaran air yang disesuaikan dengan kelembaban media tanam itu sendiri. Ingat, aglaonema adalah tanaman yang menyukai area lembab tipi tidak terlalu basah.

Pemupukan perlu dilakukan dalam tiga bulan sekali dengan menggunakan pupuk yang memang dirkomendasikan oleh para ahli. Anda dapat bertanya kepada tukang taman yang anda percaya untuk merk atau jenis pupuk apa yang cocok untuk aglaonema beserta takarannya.

Tempatkan tanaman hias ini pada tempat yang teduh karena aglaonema pada dasarnya tidak cocok dengan penyinaran matahari secara langsung. Anda dapat menempatkan tanaman ini di teras atau tempat lain dengan intensitas cahaya matahari yang rendah.

Demikian informasi tentang tanaman aglaonema yang perlu anda ketahui. Kontak Pagi Ceria Landscaping untuk jasa pembuatan taman di Jakarta.

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply