Jenis Tanaman Hias yang Cocok untuk Taman Minimalis

Seiring dengan semakin banyaknya masyarakat yang tertarik untuk memiliki taman yang indah dan asri di rumah, permintaan akan beragam jenis tanaman hias untuk melengkapi keindahan taman menjadi semakin meningkat. Tercatat, ada beberapa jenis tanaman hias yang bernilai sangat fantastis beberapa tahun yang lalu sebagai bukti bahwa kepuasan akan sebuah taman dengan tanaman-tanaman hias yang indah mampu membuat sebagian besar pecintanya rela mengeluarkan rupiah yang tidak sedikit nilainya.

Konsep taman yang sedang populer saat ini adalah taman minimalis terutama untuk masyarakat kota yang memiliki hunian dengan lahan tidak begitu luas. Dengan taman minimalis, kebutuhan akan hunian dengan nuansa rindang dapat terealisasi. Yang terpenting adalah penataan semua elemen taman termasuk pilihan jenis tanaman hias yang sesuai dengan konsep taman minimalis.

Sebenarnya tidak ada patokan pasti mengenai jenis tanaman hias apa saja yang wajib anda tanam untuk taman minimalis. Semua bergantung pada kebutuhan dan selera anda pribadi. Namun demikian, referensi mengenai jenis tanaman hias yang cocok untuk taman minimalis tetap anda butuhkan untuk memudahkan anda dalam memilih. Berikut beberapa jenis tanaman hias yang dapat anda pertimbangkan untuk anda tanam di taman minimalis rumah anda.

 

Adenium

adenium

Adenium atau kamboja Jepang merupakan salah satu tanaman hias yang paling populer saat ini. Bentuknya yang unik dengan akar atau bonggol yang khas ditambah dengan corak bunga yang menarik merupakan daya tarik utama dari tanaman ini. Adenium biasanya ditanam pada pot bunga sehingga anda dapat menjadikannya sebagai tanaman dengan ornamen pot pada taman minimalis anda.

 

Aglaonema

aglaonema

Tanaman hias daun ini juga merupakan salah satu yang paling digemari saat ini. Ada beberapa jenis aglaonema yang dapat anda pilih seperti brevispathum, commutatum, dan costatum. Tanaman ini dapat anda pilih jika anda memiliki taman minimalis yang tidak terlalu banyak mendapatkan sinar matahari.

 

Agave Attenuata/ Siklok

siklok

Tanaman hias dengan ciri khas berupa daun yang runcing dengan warna putih di pinggir daun-daunnya ini merupakan salah satu jenis tanaman hias yan cukup banyak anda jumpai pad ataman minimalis. Salah satu keuntungan jika anda memilih siklok adalah tanaman ini cukup tahan terhadap cuaca panas sehingga cocok untuk ditanam di area perkotaan seperti Jakarta.

 

Bawang Brojol

bawang brojol

Tanaman ini dikenal juga dengan nama rain lily. Bunganya yang indah dapat anda nikmati sepanjang tahun, tentu dengan perawatan yang baik.

 

Serut

Serut sebenarnya merupakan tanaman yang tumbuh liar di pinggir-pinggir sungai. Yang membuat tanaman hias ini istimewa justru terletak pada kesulitan dalam mengembang biakkannya. Oleh karena itu, menghadirkan tanaman ini pada taman minimalis anda dapat menambah nilai prestige. Pemotongan daun secara berkala adalah salah satu kunci dari perawatan tanaman ini selain penyiraman yang rutin.

 

Mawar Jambe/ Sikas

sikas

Kehadiran mawar jambe di taman minimalis rumah anda akan memperkuat karakter taman karena tanaman hias ini memiliki keunikan yang khas. Daun yang tipis memanjang dan berduri dengan batang yang besar dan kokoh akan terlihat sempurna jika dipadukan dengan tanaman-tanaman lain. Yang terpenting adalah penyiraman rutin mengingat tanaman ini tergolong membutuhkan air yang cukup banyak untuk tumbuh dengan baik.

Selain tanaman-tanaman yang disebutkan di atas, masih banyak lagi jenis tanaman hias yang dapat anda pilih untuk anda tanam di taman minimalis rumah anda. Ingat, anda dapat memilih jenis tanaman apapun sesuai dengan kebutuhan dan selera anda. Jika anda masih ragu untuk memilih, anda dapat meminta bantuan tukang taman untuk menentukan tanaman yang paling sesuai untuk konsep taman minimalis yang anda sukai. Jika anda berada di Jabodetabek, Pagi Ceria Landscaping merupakan partner terbaik untuk taman minimalis yang indah dan asri.

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply