Cara Merawat Bunga Mawar

cara-merawat-bunga-mawar

Bagi anda yang suka merawat bunga di rumah, mengetahui cara merawat bunga koleksi dengan baik merupakan kemampuan yang wajib anda miliki. Melihat bunga-bunga koleksi anda tumbuh dengan subur dan indah tentu saja merupakan kepuasan tersendiri bagi anda apabila jika anda sendiri yang merawat bunga-bunga tersebut. Oleh karena itu, memperkaya pengetahuan anda tentang perawatan bunga yang baik dan benar adalah hal yang wajib untuk anda lakukan.

Salah satu jenis bunga yang telah lama dipelihara oleh banyak orang adalah bunga mawar. Warna warni yang indah ditambah aroma wangi yang khas membuat bunga mawar menjadi salah satu yang paling populer di dunia. Tidak heran jika bunga ini selalu dijadikan sebagai lambang cinta dan kasih sayang oleh masyarakat dunia.

Perawatan bunga mawar tergolong mudah jika dibandingkan dengan perawatan bunga jenis lain. Oleh karenanya, memilih bunga mawar sebagai salah satu koleksi anda dirumah merupakan pilihan yang tepat untuk mempercantik lingkungan rumah anda. Berikut beberapa tips mengenai cara merawat bunga mawar yang dapat anda ikuti dan praktekkan di rumah.

  1. Penanaman yang baik. Sebelum membahas mengenai perawatan bunga mawar, ada baiknya kita sedikit membahas penanaman bunga jenis ini. Penanaman bunga mawar sebaiknya dilakukan di awal musim hujan karena di awal masa tanam, bunga mawar memerlukan air yang cukup untuk tumbuh. Jika bukan pada musim hujan, anda perlu menyiram bibit yang baru anda tanam secara teratur. Selain itu, menentukan jenis tanah pada awal tanam merupakan hal yang penting. Tanah yang baik adalah tanah dengan kandungan unsur hara yang cukup banyak. Pupuk kompos merupakan solusi untuk memperkaya unsur hara di dalam tanah.
  2. Penyiraman dan pemupukan secara teratur. Seiring dengan pertumbuhan bunga mawar anda, hal terpenting yang perlu anda lakukan dalam merawat bunga mawar adalah menyiramnya secara teratur terutama pada saat kuncup bunga sudah mulai tumbuh. Waktu yang disarankan adalah sore hari. Selain itu, memberikan pupuk dengan teratur juga merupakan kunci dalam merawat bunga mawar. Dengan pupuk yang seimbang, mawar anda akan tumbuk subur dengan bunga-bunga yang indah menawan.
  3. Mencabut rumput dan gulma lainnya. Membersihkan area di sekitar tanaman mawar anda akan menjaga pertumbuhan bunga. Rumput dan gulma lain dapat menyerap unsur hara yang dibutuhkan bunga anda. Oleh karena itu, membersihkan rumput liar dan gulma merupakan hal penting untuk dilakukan.
  4. Memetik bunga dan memangkas tanaman. Jika anda bermaksud untuk memetik bunga mawar untuk diletakkan di vas bunga, pastikan anda memetik bunga tersebut dengan menggunakan alat seperti gunting tanaman. Memetik bunga secara sembarangan akan merusak struktur tumbuhan sehingga dapat menggangu pertumbuhan bunga setelah pemetikan. Selain itu, anda perlu memangkas ranting-ranting bunga mawar secara teratur agar bunga anda tidak terkesan seperti tumbuhan perdu yang liar. Hati-hati dalam melakukan pemangkasan karena duri mawar bisa jadi akan melukai tangan anda.

Sebagai tambahan, jika anda menanam bunga mawar di dalam pot bunga pastikan anda menempatkan bunga mawar anda di lokasi dengan sinar matahari yang cukup. Bunga mawar memerluka sinar matahari sekitar 6 jam per hari untuk tumbuh. Jika anda menempatkannya di dalam rumah, anada perlu memindahkannya di pagi hari untuk mendapatkan sinar matahari kemudian memasukkannya lagi pada siang hari. Semoga tips mengenai cara merawat bunga mawar ini bermanfaat dan mudah diikuti di rumah.

 

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply