Cara Membuat Kolam Ikan Koi Minimalis

kolam-ikan-koi-minimalis

Dengan warnanya yang indah, ikan koi merupakan satu dari beberapa jenis ikan air tawar yang paling banyak dipelihara sehingga memiliki kolam ikan koi di rumah merupakan satu pilihan menarik untuk mempercantik rumah. Suara gemericik air disertai liukan ikan koi yang sedang berenang di dalam air tentu memberikan ketenangan bagi pemiliknya terutama setelah menjalani aktivitas yang cukup melelahkan. Oleh karena itu, membuat kolam ikan koi di rumah dapat menjadi alternatif dekorasi rumah terutama dekorasi eksterior yang dapat dinikmati oleh semua anggota keluarga sebagai salah satu sarana relaksasi yang cukup efektif.

Satu hal yang menarik mengenai ikan koi adalah harganya yang cukup tinggi berkisar antara ratusan hingga jutaan rupiah per ekor. Nah, jika kolam ikan koi yang dibangun kurang sesuai, bukan tidak mungkin hal ini akan membahayakan kelangsungan hidup ikan dengan harga yang lumayan mahal ini. Oleh karena itu, memperhatikan cara membuat kolam ikan koi menjadi sebuah keharusan agar ikan dapat hidup dengan sehat sehingga keindahannya dapat dinikmati dalam waktu yang lama. Berikut beberapa tips mengenai cara pembuatan kolam ikan koi yang ideal.

  1. Lokasi pembuatan kolam ikan koi perlu diperhatikan. Usahakan kolam yang akan dibangun berlokasi cukup dekat dengan sumber air sehingga sirkulasi air dapat terkontrol dengan baik. Selain itu, mempertimbangkan pepohonan yang ada di sekitar rumah juga merupakan aspek yang penting. Jika lokasi kolam berada dibawah pepohonan, kolam akan mudah kotor akibat dedaunan yang jatuh di area kolam. Tentu saja hal ini dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan.
  2. Menentukan desain kolam ikan koi sesuai dengan karakter atau kondisi rumah dan sekitarnya. Desain kolam yang cukup populer saat ini adalah kolam ikan koi minimalis karena kolam minimalis memungkinkan pemilih rumah untuk membuat kolam ikan koi di area yang cukup sempit sekalipun. Selain itu, perawatan kolam ikan koi minimalis dirasa lebih mudah dengan biaya yang cukup murah dibandingkan kolam yang lebih besar.  Bentuk fisik kolam juga merupakan bagian dari desain kolam ikan koi yang tidak dapat dipisahkan. Kedalaman ideal, luas ruang filter, sudut-sudut kolam, dan material fisik kolam adalah hal yang wajib untuk diperhatikan.
  3. Desain kolam ikan koi telah ditentukan. Hal berikutnya adalah detail kolam seperti sistem filter kolam, sumber oksigen, material hiasan kolam, pipa tambahan ketika debit air yang masuk ke kolam berkurang, lubang pembuangan jika debit air meningkat, dan lubang pembuangan atau bottom drain di dasar untuk membersihkan kolam. Dengan perencanaan yang matang termasuk detail kolam yang baik, ikan koi yang dipelihara dapat hidup dengan baik.
  4. Biaya pembuatan kolam juga perlu diperhitungkan. Tanpa perhitungan yang matang, kolam ikan koi minimalis pun juga berpotensi memakan biaya yang besar. Oleh karena itu, berkonsultasi dengan orang-orang yang telah berpengalaman di bidang ini mutlak diperlukan. Minimal, biaya yang dikeluarkan tidak melebihi budget yang telah ditentukan.

Faktor lain yang sangat menentukan keindahan kolam adalah perawatan yang teratur. Membersihkan kolam dari kotoran-kotoran, menjaga sirkulasi air, mengontrol suhu air dan zat-zat yang terkandung di dalamnya perlu dilakukan agar ikan koi hidup sehat didalamnya. Dengan perawatan yang baik dan teratur, ikan koi dapat terus menari mengikuti aliran air di dalam kolam dan sang pemilik dapat menikmati tarian ikan koi miliknya dalam waktu yang lama. Semoga tips ini bermanfaat.

You can leave a response, or trackback from your own site.

3 Responses to “Cara Membuat Kolam Ikan Koi Minimalis”

  1. uli says:

    Saya pernah coba buat kolam ikan dgn luas 1×1 mtr, dibelakang dekat kamar mandi belakang. kira2 berapa ya biaya untuk pembuatan kolam ikan minimalis dengan luas di atas?

    Salam,
    Uli

  2. yana says:

    aq gk pu.x teras trus must! D!taroh mana kolam.x

Leave a Reply